Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pemberian Vaksinasi

  Senin, 07 Juni 2021 - 10:19:51 WIB   -     Dibaca: 33 kali

Dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus digalakkan sebagai upaya percepatan program pemerintah untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional. Salah satu bentuk upaya sosialisasi ini diwujudkan mahasiswa melalui bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Saat masa pandemi Covid-19 ini telah membuat banyak kegiatan Universitas terganggu, terutama banyak kegiatan Mahasiswa menjadi terhalang akibat imbauan pemerintah supaya masyarakat tetap berada di rumah dan belajar dari rumah.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dikemas dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri atau individu.

Bentuk pengabdian Mahasiswa Untag Surabaya salah satunya dilakukan oleh Liem Tony Dwi Soelistyo, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Untag Surabaya yang turun langsung kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan KKN selama bulan Mei 2021 di wilayah Pondok Benowo Indah, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

Melalui bimbingan Dosen Sayidah Aulia Ul Haque, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), KKN yang dilakukan memiliki beberapa program kerja. Program kerja yang dilaksanakan di antaranya sosialisasi offline secara door to door disertai pembagian masker dan sosialisasi secara online melalui webinar penyuluhan interaktif melalui Zoom Meeting dan disiarkan live di YouTube dengan tema penyuluhan hukum pentingnya vaksinasi Covid-19 dan menjaga protokol kesehatan 5 M, ungkap Liem Tony, Jumat, (4/6/2021).

Untuk webinar penyuluhan secara daring, khusus dihadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk mengupas tuntas tentang vaksinasi ini “ Ada dari Dokter yaitu dr. Luki Candra Kurniawan yang membahas dari sisi kesehatan, ada Advokat Dody Eka Wijaya dari sisi hukumnya dan Pemuda Islam millenial oleh Beryl Cholif Arrachman dari sisi agama ” jelasnya.

Adapun program kegiatan tambahan yang dilakukan adalah nonton bareng (NOBAR) film bersama anak-anak dan warga setempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan “Kegiatan Nobar ini bertujuan supaya anak-anak dapat mengobati kerinduan mereka untuk berkumpul dengan teman-temannya sambil menonton bersama film kesukaan mereka. Karena selama masa pandemi Covid-19 ini anak-anak selalu disibukkan dengan tugas dari sekolah (school from home) dan jarang sekali dapat bermain maupun bersenda gurau bersama teman-temannya. Para orang tua yang mendampingi anaknya juga senang sekali dengan kegiatan ini karena dapat mengobati kerinduan anak-anak mereka untuk menonton film bioskop ” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Untag Surabaya ini mendapat dukungan penuh dari Ketua RT setempat, Drs. Catur Anang Hutoyo. Program kegiatan KKN ini sangat bagus sekali, karena memang banyak warga di sini terutama lansia yang masih enggan dan takut untuk divaksin, dan dengan adanya kegiatan KKN ini warga jadi bersedia untuk divaksin, pungkasnya "Repost arahjatim.com".


Untag Surabaya || Fakultas Hukum Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya