kuliah Kerja Praktek

  Rabu, 22 Juli 2020 - 09:05:06 WIB   -     Dibaca: 112 kali

Mata kuliah Kerja Praktek adalah salah satu mata kuliah wajib di Prodi Sarjana Ilmu Hukum Untag Surabaya. Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa untuk magang di instansi yang berkaitan dengan bidang hukum. Mahasiswa selama Semester Genap 2019/2020 telah melakukan magang di Kantor Advocatest & Legal Consultants Ahmad Riyadh U.B., Ph.D. & Partners, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kantor Hukum ST & Partners, Kantor Notaris & PPAT Ami Raditya, S.H.,M.Kn.,  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Jawa Timur, Komisi Pemlihan Umum Provinsi Jawa Timur, Pengadilan Agama Sidoarjo, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya.

Magang dilakukan hampir dua bulan selama bulan Januari dan Februari 2020 oleh kurang lebih 35 mahasiswa. Masrino sebagai mahasiswa yang melakukan menyatakan bahwa "magang sangat bermanfaat karena bisa mengenal banyak jaringan baru untuk persiapan nanti saat lulus", sedangkan Risma menyatakan bila "magang ini memberikan semangat bagi saya karena saya harus memberikan yang terbaik di tempat magang".  Amanda Raissa menambah bahwa "magang membuat saya jadi mengerti cara mengalokasikan semua ilmu yang telah didapat sekaligus mendapatkan ilmu dari tempat magang, bahkan kami diminta agar terus bekerja di tempat magang."

Menurut Wiwik Afifah Kaprodi S1 Ilmu Hukum bahwa magang bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan pemikiran yang logis, kritis dan mampu menyelesaikan persoalan terkini dengan keilmuan yang dimilikinya. Dengan magang mahasiswa belajar beradaptasi terhadap dunia kerja maupun memberi jawaban atas persoalan yang ada di tempat magang. Dekan Slamet Suhartono menambahkan bahkan adanya magang yang telah lama berlangsung ini menjadi bagian persiapan kurikulum kampus merdeka.