Webinar Mahasiswa Nusantara " New Normal Dalam Pandangan Sosiologi "

  Rabu, 22 Juli 2020 - 08:54:53 WIB   -     Dibaca: 113 kali

Pada 2 Juli 2020, Fakultas Hukum Untag Surabaya mengadakan Webinar Mahasiswa Nusantara " New Normal Dalam Pandangan Sosiologi ". Acara tersebut dibawakan oleh Anatonia Magdalena Du'a (Mahasiswa Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur), Firdayani Sulaiman (Mahasiswa STIE  Indonesia Makassar), Ripaldi Patono T (Mahasiswa Borneo Tarakan), Angelina Bernadina L . Keban (Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya), dan Ahmad Rizal A. R ( Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya) di moderatori oleh  Adetya  Firnanda (Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). 
Dalam penyampaiannya, Angelina Bernadina L. Keban mengatakan bahwa new normal sebagai hal yang harus yang hidup dalam masyarakat. Mengutip pemikiran Auguste Comte, Angelina mengatakan masyarakat dengan sifat humanismenya wajib menyatukan diri dengan new normal karena hal itulah yang akan membawa keteraturan hidup. New normal tidak bisa dipandang sebagai hal buruk karena kita harus menghadapinya dengan kondisi yang lebih majemuk. Sementara itu narasumber kedua dari FH Untag Surabaya, Ahmad Rizal A. R mengkritisi esensi PSBB yang memiliki banyak implikasi seperti logistik, pendidikan, pangan atau kebutuhan dasar lainnya. Ia mengatakan bahwa PSBB adalah wujud untuk mengaplikasikan makna sosiologi hukum sebenarnya.
Acara yang dihadiri mahasiswa beragam pulau ini menghasilkan diksi yang menarik dan prosesnya sesuai keadaan masyarakat setempat.