Sukmawaty Mahasiswa FH UNTAG Surabaya Lolos PKM-GT

  Selasa, 19 Januari 2016 - 14:25:35 WIB   -     Dibaca: 146 kali

Sukmawaty Arisa Gustina mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UNTAG Surabaya lolos Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dalam PKM-nya Sukmawaty membahas tentang SKTS Sebagai legalitas Migrasi PLB (Studi Kasus: Fenomena Kartu Identitas Ganda Kependudukan di Perbatasan Wilayah Indonesia-Malaysia).

Supriyadi,SH.,MH, Kasubag Umum Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya mengatakan, pada tahun 2015 Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) secara On-Line telah menerima proposal  Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) sebanyak 3.554 judul, dan  PKM-GT sebanyak 13.183 judul.

“Berdasarkan hasil seleksi oleh pakar PKM terpilih sebanyak 209 judul untuk PKM-AI dan 791 judul PKM-GT yang memperoleh nilai tertinggi dan layak untuk diberikan penghargaan sebesar  Rp.3.000.000,- (tigajuta rupiah) per judul termasuk Sukmawaty,” jelas Supriyadi kepada warta17agustus.com

LPPM UNTAG Surabaya terus melakukan sosialiasi kepada mahasiswa bahwa program PKM melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat)  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar, berkarya, berkreativitas untuk meningkatkan kemampuan yang mempunyai daya saing.

Sementara itu, Hardjo Saputro,ST.,MT, Kepala Bagian Penelitian LPPM UNTAG Surabaya menjelaskan, agar proposal PKM bisa diterima Dikti ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu baca dan pahami buku panduan yang disediakan, pahami perbedaan substansi antara PKM yang satu dengan PKM yang lain, pahami aturan tentang yang diizinkan, dan yang tidak dizinkan.

“Selain itu, pahami kelengkapan yang harus disertakan, patuhi format, dan sistematika kepenulisan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Ada tujuh jenis kegiatan dalam program PKM yaitu: PKM Penelitian (PKM-P), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Karya Cipta (PKM-KC).


KOMENTAR